Celoteh Sang Galang

Blog Tempat Berbagi Tips dan Trik Dunia Blogger
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Celoteh Sang Galang
Hanya Sebuah Catatan...

Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Posted by Galang 4 April 2016
Daftar Sekarang Bonus $10 langsung dari PROFITCLICKING

Yang terlintas di pikiran kita jika mendengar kata komputer adalah suatu alat canggih dengan beberapa fungsi yang luas. Namun, di balik kecanggihannya pastinya komputer ini sudah melewati masa perkembangan dan banyak perubahan. Dalam topik kali ini kami akan mengulas Asal mula komputer ataupun sejarah komputer secara rinci.

Awal mula kata komputer ini sebetulnya dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah perangkat mesin tersebut. Dalam pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan.

Dapat kamu baca dan pahami diartikel ini. Definisi komputer adalah berasal dari bahasa latin yaitu “computare” berarti menghitung atau memperhitungkan, menggabungkan bersama-sama, jika dalam bahasa inggris disebut dengan “to compute” yang atinya orang yang sedang menghitung. Komputer seperti yang telah kita ketahui pada umumnya merupakan sebuah alat elektronik yang bisa memiliki banyak fungsi dan dapat melakukan banyak tugas.

Pada masa perang dunia yang ke dua komputer yaitu suatu mesin mekanis yang memiliki fungsi untuk melakukan perhitungan operasi aritmatika ataupun alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Selain itu definisi komputer ialah sebagai kumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, mengolah data dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu keluaran atau output yang disebut dengan informasi, jika di ibaratkan data input lalu di proses dan dikeluarkan/output berupa informasi.


Inilah sejarah perkembangan komputer dan ciri-cirinya dari masa ke masa, diantaranya sebagai berikut:

Abacus – Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih dipakai di beberapa tempat sampai saat ini, dapat dianggap sebagai cikal bakal atau awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan si penggunanya dapat melakukan perhitungan memakai biji-bijian yang geser, diatur pada sebuah rak. Terutama para pedagang di masa itu memakai abacus untuk menghitung transaksi bisnis atau perdagangan. Seiring dengan kemunculan pensil dan kertas, terutama di benua eropa, Abacus mulai kehilangan popularitasnya.

Komputer generasi pertama (1940 – 1959) – Komputer generasi yang pertama ini memakai tabung vakum untuk memproses dan menyimpan datanya. Sehingga menjadi cepat panas dan mudah sekali terbakar, oleh karena itu di perlukan beribu-ribu tabung vakum untuk menjalankan operasi keseluruhannya.

Komputer generasi kedua ( 1959 – 1964 ) – Pada tahun 1948, setelah di temukannya transistor sangat mempengaruhi perkembangan dari komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di radio, televise dan komputer. Lalu akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai dipakai di dalam komputer sejak tahun 1956.

Penemuan lainnya yang berupa pengembangan memori inti – magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang ukurannya lebih kecil dari generasi pertama, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan juga lebih hemat energi dibanding dengan yang sebelumnya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini yaitu superkomputer.

Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970) – IC (Integrated Circuits) atau dikenal juga dengan rangkaian terpadu menggantikan fungsi dari transistor. Dari sebuah keping IC, dapat menggantikan beberapa transistor, diode serta resistor sekaligus, sampai memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan generasi pendahulunya.

Walaupun memiliki ukuran lebih kecil, tapi kecepatannya semakin tinggi, kapasitasnya lebih besar dan memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.

Komputer Generasi Keempat (1970-an – Sekarang) – Komponen utama dari komputer ini menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang memiliki kemampuan yang telah ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil atau cirinya menggunakan Microprocessor yang merupakan pemadatan dari ribuan IC kedalam sebuah Chip (Komputer generasi keempat ini yaitu yang kita temui pada saat ini).

Komputer generasi ke lima – Dalam pengembangan, rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence atau disebut dengan AI. Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan penggunanya. Ciri-ciri komputer generasi ini yaitu :
  • Masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum terlalu banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.
  • Komponen elektronikanya menggunakan bentuk yang paling baru dari chip VLSI.
  • Programnya dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan bahasa LISP (List Processor)
  • Difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence atau Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan berbagai tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.

Dibawah ini beberapa Pengertian komputer menurut para ahli:
  • Menurut Gordon B. Davis – Komputer adalah merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
  • Sedangkan menurut Elias M. Awad – Komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital & data analog.
  • Dan menurut, Larry Long dan Nancy Long – Komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, & operasi-operasi logik lainnya.

Di bawah ini beberapa Fungsi dan manfaat komputer, diantaranya sebagai berikut ini:
  • Sebagai alat atau sarana untuk komunikasi – misalnya  fungsi komputer ini, kita dapat bicara dengan saudara ataupun teman kita melalui webcam. Bisa berkomunikasi surat melalui surat elektronik atau lebih sering disebut dengan Email, chatting dan lain-lain yang dapat dijadikan sebagai alat komunikasi melalui Jaringan komputer yang sangat luas atau sering disebut dengan internet.
  • Sebagai fungsi Multimedia – dengan menggunakan komputer kita dapat mengolah dan mengedit foto maupun video, serta dapat untuk merekam sebuah lagu dll. Tentunya menggunakan softwere.
  • Fungsi hiburan – dapat digunakan untuk bermain game, mendengarkan lagu atau musik, ataupun menonton film. Kita dapat menginstall games di komputer kita dan memainkannya asalkan komputernya mempunyai spesifikasi yang cocok untuk game tersebut.
  • Sebagai alat atau sarana keamanan – Dalam bidang keamanan, komputer dipakai sebagai bagian kepentingan suatu negara dalam menghadapi serangan dari pihak luar yaitu dengan memperkuat pertahanan. Dengan mengendalikan komputer, suatu negara dapat menggunakan peralatan yang canggih.
  • Membantu dalam proses pendidikan atau pengajaran – Ini maksudnya yaitu dapat membantu dalam proses presentasi atau dalammemberitahukan materi pelajarn kepada siswa dan kadang siswa suka menyimpan data-data pelajaran mereka.
  • Berfungsi untuk melakukan sistem pemrograman serta pemrosesan sebuah data – Sering digunakan pada berbagai aplikasi tentang sistem informasi, termasuk untuk pembuatan suatu program yang dapat membantu memudahkan user dalam menggunakan sebuah komputer.
  • Berfungsi membantu dalam bisnis – Misalnya memproses informasi dan data keuangan perusahaan, pendataan karyawan, atau media promosi, bisa juga sebagai transaksi online. Dengan menggunakan komputer, berbisnis lebih mudah dan efesien.
  • Sebagai sarana dalam mempermudah dunia kerja – Misalnya jaman dahulu mesin ketik dipakai untuk mengetik surat dan apabila terdapat kesalahan maka surat tersebut akan di ketik ulang kembali, otomatis surat yang telah diketik tidak dapat di edit kembali. Sedangkan sekarang dengan memakai komputer, kita dapat mengetik surat yang bias di edit dan File tersebut dapat disimpan. dsb.

Nah, Itulah tadi beberapa ulasan mengenai definisi atau pengertian komputer, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan tentunya dapat memberikan manfaat.

Sumber :
http://peristiwa-id.com/ulasan-sejarah-dan-perkembangan-komputer/

GET UPDATE ARTIKEL MENARIK CELOTEH GALANG
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!

Artikel Terkait:

Posting Komentar


close